April 02, 2011

Merubah Foto Menjadi Gambar Kartun



Kali ini saya akan berbagi cara merubah foto menjadi gambar kartun. disini saya akan menerangkan cara merubah gambar yang dapat digunakan untuk berbagai mancam tujuan. mengapa saya mengatakan "untuk berbagai macam keperluan" adalah karena ada beberapa cara merubah foto menjadi gambar layaknya gambar kartun. Dan yang akan saya terangkan ini adalah salah satu caranya yaitu dengan menggunakan vector. 
Pertama-tama jalankan photoshop dan buka foto yang ingin dijadikan gambar kartun.




Kemudian pilih filter>>artistic>>poster edge.lalu setting:
-Edge Tickness --> 0
-Edge Intensity --> 0
-Posterization --> 3
jangan tekan OK sebelum anda membaca langkah selanjutnya
*catatan: anda bisa merubah setting-an sesuai selera anda karena tiap gambar memiliki settingan berbeda untuk mendapatkan hasil maksimal.



Selanjutnya tambahkan efek layer baru. kemudian ubah efek menjadi Anglied Strokes. ganti setting menjadi:
-Direction Balance--> 50
-Stroke Length--> 13
-Sharpness--> 0
Bila selesai, tekan OK


 hasilnya seperti gambar di bawah ini:



Langkah diatas hanya untuk memudahkan anda dalam tracing gambar. bilaanda sudah mahir dalam trasing anda dapat melewati langkah2 diatas.
Selanjutnya dengan menggunakan Pen Tool, trace tiap warna yang berbeda pada gambar. Penjelasan lebih jauh tentang cara men-trace/ tracing gambar dapat dibaca disini INGAT ulangi tracing pada tiap warna hingga anda memiliki vector layer sejumlah warna yang ada pada gambar.
untuk memudahkan anda mengerti apa yang saya maksud, lihat gambar dibawah ini.
 Semakin banyak warna yang anda buat hasilnya akan semakin baik.

Kritik saran dan pertanyaan silahkan hubungi saya via email. sketchonme@gmail.com. Salam dan selamat mencoba :)

4 komentar:

  1. Wah, tips yang menarik Sob..

    BalasHapus
  2. wah,, hasilnya bagus bgt, jadi pengen belajar.
    thank's infonya SOb

    BalasHapus
  3. saya mau coba dehh...
    saya minta ijin untuk save ini yahh kak ...
    salam kenal juga dari saya ..

    BalasHapus
  4. Kalo merubah gambar foto ke kartun gimana caranya mas?

    BalasHapus

Selesai membaca silakan tinggalkan komentar. Kritik dan saran dari anda sangat berharga bagi kami.